Affiliate atau Afiliasi, Mulai dari Afiliasi shopee sampai jargon “Wahh, murah banget…`

Affiliate, Afiliasi, Afiliator
Ilustrasi Seorang Affiliator

[lwptoc]

Kata affiliate/afiliasi mungkin masih terdengar asing atau belum diketahui oleh banyak orang, bahkan sejak ramainya pendaftaran affiliate shopee. Sehingga tak mengherankan jika banyak yang bertanya-tanya apa sebenarnya maksud dari kata tersebut. Padahal, jika paham dengan istilah ini seseorang bisa mendapatkan uang tambahan hanya bermodal kuota internet dan gadget.

Jika diartikan, afiliasi sendiri merupakan sebuah program untuk mempromosikan produk dan mendapat komisi. Ini bisa menjadi salah satu sumber penghasilan pasif. Utamanya pengguna hanya perlu gencar untuk mempromosikan sebuah produk yang akan menjadi barang dagangan. Berikut ini sejumlah hal mengenai afiliasi yang harus diketahui.

Pengenalan Afiliasi

Pertama-tama, mari mulai dengan membahas apa itu affiliate/afiliasi. Sebenarnya, program ini didesain sedemikian rupa untuk memberi komisi kepada seseorang bila berhasil membuat orang lain membeli atau memakai sebuah produk.

Cara Kerja Afilite/Afiliasi

Adapun besaran dari nilai komisi yang didapatkan berbeda-beda, bergantung pada kebijakan perusahaan. Berikut cara kerja afiliasi:

1. Mendaftar Program Afiliasi

Agar bisa bergabung menjadi affiliate/afiliasi, pengguna harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di sejumlah program afiliasi. Biasanya ini terdapat pada sejumlah website sebuah perusahaan.

Setelah berhasil mendaftarkan diri, nanti pengguna akan mendapatkan kode referral yang menjadi identitas untuk mendapatkan komisi.

Kode referral antar satu pengguna dengan yang lainnya selalu berbeda dan terbilang unik. Inilah yang digunakan sebagai konfirmasi apabila konsumen nantinya membeli lewat dari seorang affiliator. Biasanya para influencer ditawarkan untuk terlibat dalam program afiliasi ini.

2. Mulai Promosikan Produk

Berikutnya yang harus dilakukan apabila telah mendaftar program affiliate/afiliasi adalah mulai mempromosikan sebuah produk. Misalnya saja dengan membuat review yang diunggah dalam berbagai media sosial. Review jujur tentunya akan lebih menarik perhatian konsumen untuk mencobanya.

Selain itu, juga bisa dengan menggunakan banner yang terdapat di sebuah blog. Mengingat keberadaan media sosial sangat penting di era digital. Maka hal ini juga bisa menjadi sumber yang cukup menjanjikan untuk mendapatkan penilaian positif.

3. Mendapatkan Komisi

Apabila produk terjual dengan kode referral pengguna, ini diartikan sebagai komisi. Tetapi sejumlah perusahaan juga menerapkan berbagai aturan berbeda. Misalnya pendapatan komisi tidak hanya berdasarkan jumlah pembelian tetapi juga dengan jumlah klik per website dari kode referral.

Karena hal ini dapat dianggap sebagai upaya peningkatan sebuah traffic website dari perusahaan. Akibatnya sebuah perusahaan lebih dikenal dan mudah ditemukan di media sosial. Lambat laut hal ini juga akan sangat membantu untuk peningkatan penjualan.

Keuntungan Afiliasi

Bila berbicara mengenai keuntungan menjadi seorang afiliator pastinya sangat banyak. Hal ini juga bergantung pada berbagai kebijakan yang ditetapkan oleh sebuah perusahaan tempat mengikuti affiliate. Berikut sejumlah keuntungan yang bisa didapat apabila tergabung menjadi afiliator:

1. Hanya Butuh Modal Kecil

Keuntungan pertama yang didapat pengguna adalah hanya perlu mengeluarkan modal kecil. Terkadang ada juga sejumlah program afiliasi justru tanpa modal alias gratis. Misalnya pengguna hanya perlu melakukan promosi saja demi menarik perhatian konsumen.

2. Sumber Penghasilan Pasif

Selanjutnya, keuntungan menjadi seorang affiliate adalah mendapatkan sumber penghasilan pasif. Pengguna tidak perlu membuang banyak waktu di hadapan komputer karena dengan modal promosi saja uang datang secara tiba-tiba. Walau pengguna tidak bekerja dari kantor.

3. Waktu yang Fleksibel

Menjadi seorang afiliator tidak pernah terikat waktu alias lebih fleksibel. Serta juga tidak ada kontrak yang mengikat seorang pengguna dalam hal ini seperti pekerja kantoran. Maka dari itu, pengguna bebas untuk menentukan kapan ingin memulai promosi.

Itulah sejumlah hal mengenai affiliate/afiliasi yang harus diketahui. Dengan menambah sumber memasukkan pasif, pastinya akan menambah jumlah penghasilan yang bisa didapat untuk setiap bulannya. Apalagi pekerjaan ini terbilang santai, namun cukup menjanjikan apabila memiliki banyak pengikut di sosial media.

Nah, kalau kamu mulai tertarik untuk menjadi affiliate shopee, kamu bisa join sekarng melalui link berikut,

https://shp.ee/ywpx52v
https://shp.ee/ywpx52v
https://shp.ee/ywpx52v

 

Leave a Comment

Scroll to Top